Langsung ke konten utama

L E M A K

L E M A K

Lemak di dalam tubuh dibedakan atas lemak yang merupakan bagian sel, lemak yang merupakan simpanan energi dan lemak metabolik. Lemak yang merupakan bagian sel berfungsi memperkuat selterutama sebagai bagian membran sel. Fosfolipida merupakan bagainterbesar lemak pada membran sel. Lemak yang merupakan simpanan energi berbentuk trigliserida,kebanyakan berupa lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak dalam makanan sehari-hari mempengaruhi susunan lemak simpanan.
Simpanan energi di dalam tubuh berbentuk lemak karena lemak dapat menyimpan energi lebih dari dua kali energi di dalam karbohidrat sehingga memerlukan tempat yang lebih kecil.Lemak yang merupakan simpanan energi berupa jaringan lemak.Sebagian jaringan lemak berupa lemak putih seperti yang terdapat di bawah kulit dan sekitar organ. Lemak tubuh yang mengandung lebih banyak darah tampak kecokelatan dan hanya terdapat di bagian tertentutubuh, misalnya punggung bagian atas pada bayi. Lemak simpanankecolekatan ini digunakan untuk mempertahankan suhu normal tubuh pada bayi.Lemak metabolik merupakan lemak yang mengalami perubahanmetabolik, menghasilkan zat khusus yang mempunyai arti penting secarahayati maupun gizi.
Pelepasan energi yang terdapat di dalam lemak simpanan didahului oleh perubahan lemak itu ke dalam bentuk metabolik yang dapat diuraikan. Contoh lain kolesterol, yang mengalami perubahan di dalam kelenjar adrenal (anak ginjal) menjadi berbagai hormon steriod.Di dalam hati kolesterol diubah menjadi asam-asam empedu yangdigunakan dalam pencernaan lemak yang tidak larut di dalam air,sedangkan sebagaian besar bagian tubuh misalnya darah, terdiri atas air.Karena itu pengangkutan lemak melalui darah terjadi dengan bantuan protein. Lemak diikat oleh protein menjadi lipoprotein.
Lemak simpanan tidak hanya berasal dari lemak makanan tetapi juga dari karbohidrat dan protein yang diubah menjadi lemak di dalamtubuh. Selama peredaran di dalam darah, lipoprotein dapat membawakolesterol. Lipoprotein berdensitas rendah (low desnsity lipoprotein)mengangkut kolesterol dari hati ke sel. Lipoprotein berdensitas tinggi(high density lipoprotein) mengangkut kolesterol dari sel ke hati.
Dalam tubuh, jelas Susan Fried, PhD, direktur Boston Obesity and Nutrition Research Center, Boston, AS, lemak memiliki dua fungsi, pertama adalah menyimpan kelebihan kalori di tempat yang aman sehingga kapan pun dibutuhkan tubuh dapat dengan mudah mengambilnya. Fungsi yang kedua adalah melepaskan hormon pengontrol metabolisme.
Lemak ternyata tidak terdiri dari jenis tunggal. Ada berbagai macam lemak. Misalnya saja lemak coklat. Ini adalah tipe lemak yang dimiliki orang kurus. Dalam sebuah ujicoba diketahui lemak jenis ini mampu membakar kalori.
Lemak coklat lebih banyak dimiliki oleh anak-anak ketimbang orang dewasa. Itu sebabnya mengapa suhu tubuh anak lebih hangat. Lemak jenis ini lebih mirip otot ketimbang lemak putih. Saat aktif, lemak coklat akan membakar lemak putih.
Cypess menjelaskan, jumlah lemak coklat mungkin tak terlalu banyak, pada orang gemuk mungkin hanya sekitar 2-3 ons. “Namun dari jumlah sedikit ini mereka mampu membakar 300-500 kalori tiap hari. Dalam seminggu bisa mencapai 0,5 kilogram,” katanya.
1.       Lemak Putih
Fungsi lemak putih adalah penyimpan energi dan memproduksi hormon yang akan diedarkan lewat sirkulasi darah. Sel-sel lemak yang kecil akan memproduksi hormon baik yang disebut adiponectin, yang membuat liver dan otot lebih sensitif pada hormon insulin sehingga tak mudah terkena diabetes atau penyakit jantung. Saat tubuh kita kegemukan, produksi adiponectin lambat laun berkurang hingga berhenti sama sekali. Akibatnya kita lebih rentan terkena penyakit.
2.       Lemak subkutan
Lemak jenis ini berada langsung di bawah kulit. Secara umum lemak subkutan lebih banyak berada di paha dan bokong. Lemak jenis ini sebenarnya tidak berbahaya. Meski begitu lain halnya dengan sel lemak subkutan yang berada di bagian perut.
3.       Lemak dalam
Lemak dalam biasanya bersembunyi di bagian organ dalam dan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Bagaimana caranya kita tahu punya lemak dalam? “Bila Anda memiliki lingkar pinggang yang besar sudah pasti Anda memiliki visceral fat atau lemak dalam,” kata Whitmer. Lemak dalam ini berperan penting terhadap terjadinya resistensi insulin yang akan memicu penyakit diabetes.
4.       Lemak perut
Ini adalah jenis lemak yang layak disebut sebagai lemak tidak sehat. “Lemak perut terdiri dari lemak dalam dan lemak subkutan,” kata Kristen Gill Hairston, MD, dari Wake Forest University School of Medicine.
Para ahli kesehatan sama-sama sepakat bahwa lemak di bagian perut meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk serangan jantung, stroke, dan diabetes.
Lemak adalah sumber utama energi untuk banyak organisme seperti halnya karbohidrat, dan nutrisi lainnya. Walaupun, struktur molekulnya sangat berbeda, secara mengejutkan katabolisme lemak sama dengan nutrisi lainnya. Dengan kata lain, beraneka ragam molekul dengan berbagai molekul akhirnya memecah menjadi karbondioksida (CO2), air (H2O), dan ATP, yang merupakan aliran energi.
Katabolisme mengikuti tiga langkah umum untuk semua jenis nutrisi termasuk lemak dan karbohidrat. Langkah pertama adalah konversi molekul kecil lemak dan karbohidrat menjadi asetil koA. Berikutnya, adalah proses oksidasi asetik koA dalam siklus asam sitrat (siklus asam trikarboksilat, atau siklus TCA) menghasilkan air, karbondioksida, dan elektron, secara berkelanjutan, asetil koA mengubah bentuknya menjadi zat antara seperti sitrat dan fumarat. Pembentukan karbon dioksida pada tahap kedua dilepaskan ke luar oleh sistem respirasi 9pernafasan) dan elektron-elektron digunakan dalam langkah terakhir, yakni sistem transpor elektron, sejumlah ATP dan air dihasilkan dengan reaksi berantai. Reaksi kimia pembentukan air secara sederhana dapat ditulis sebagai :

2H+ + 1/2 O2 + 2 e- → H2O

Kesimpulannya, tidak masalah jenis zat apapun yang dimasukkan dalam tubuh, tahap-tahap dasar yang digambarkan di atas selalu sama.
Lemak dan karbohidrat, seperti dua kereta yang berdampingan menuju satu stasiun, berubah menjadi senyawa umum, asetil koA. Namun,perbedaan antara lemak dan karbohidrat adalah pada proses pembentukan asetil koA.





Mula-mula karbohidrat mengurai menjadi glukosa atau monosakarida lainnya, kemudian berubah menjadi piruvat dan akhirnya menjadi asetil koA. Di sisi yang lain, lemak berubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh sistem pencernaan, dan setelah itu, asetil koA dibentuk dari asam lemak melewati proses yang disebut sebagai oksidasi-β.



Hubungan Metabolisme antara Glukosa dan asam lemak. (Atas izin Dr. Marcel Blanchaer)
Kelebihan energi dalam organisme biasanya disimpan dalam sel lemak dalam bentuk triasilgliserol. Ketika energi dibutuhkan, sebagai contoh, ketika melakukan olahraga, hormon akan memicu aktivitas lipase triasilgliserol, yang merupakan enzim yang penting dalam penguraian lemak. Lemak akan memecah menjadi asam lemak dam gliserol oleh enzim, kemudian dibawa oleh serum albumin ke dalam aliran darah untuk menuju sel di mana membutuhkan bahan bakar (sumber makanan). Di tempat sel tujuan, asam lemak masuk ke dalam mitokondria dan tiga tahap dasar (oksidasi β hingga asetil koA, siklus TCA dan transfer elektron) akan diikuti untuk menghasilkan ATP.
Secara umum dikatakan bahwa 20 menit berolahraga dibutuhkan untuk membakar lemak secara efisien. Hal ini bukanlah mitos, tapi merupakan skenario yang dipahami secara ilmiah. Konsep intinya adalah enzim membutuhkan suhu yang tepat untuk bekerja secara efisien. Dalam hal ini, lipase triasilgliserol bekerja paling baik pada suhu yang didapat setelah berolahraga selama 20 menit. Kurang dari 20 menit, maka hanya asam lemak yang mengambang di aliran darah saja yang digunakan, karenanya, setidaknya 20 menit berolahraga dibutuhkan untuk membakar lemak dalam tubuh.
Fungsi Lemak
Pembicaraan mengenai lemak sering memberikan kesan seolah-olah lemak merupakan zat yang berbahaya. Orang yang menjagakestabilan berat badannya atau orang yang ingin langsing, menghindarimakanan berlemak seperti yang digoreng atau yang dimasak dengansantan. Orang yang mewaspadai penyakit jantung selalu memperhatikankadar kolesterol di dalam makanan. Kehati-hatian tentu baik, tetapi tidak  perlu takut terhadap lemak. Lemak di dalam makanan maupun di dalamtubuh mempunyai banyak fungsi.II.2.1 Lemak di dalam makanan berfungsi.
Memberi rasa gurih, sedap, sehingga makanan menjadi lebihenak. Pada waktu dimasak pun, makanan berlemak lebih beraroma.
Menghasilkan kekenyangan lebih lama dari pada karbohidratdan protein karena waktu untuk mencernakannya palinglama.
Memperkecil volume makanan sumber energi karenakandungan energi di dalam lemak lebih dari dua kalikandungan lemak di dalam karbohidrat dan protein. Hal inisangat penting dalam pembuatan makanan bayi dan anak.Kapasitas lambung bayi dan anak terbatas, karena itumakanan mereka harus padat energi.
Sebagai sumber zat yang diperlukan oleh tubuh, terutamaasam lemak esensial dan vitamin A, D, E, K yang larut dalamlemak.
Menghasilkan penampilan dan tekstur makanan yang disukai.Es krim yang mengandung lemak tampil beda dari es loliyang dibuat dari larutan gula saja. Tekstur makanandipengaruhi oleh jenis dan jumlah lemak yang digunakan pada pembuatannya. Bandingkan tekstur roti, kue bolu danklik (cake).Hal ini sangat penting dalam pembuatan makanan untuk bayi dananak balita yang kapasitas lambungnya masih kecil. Penggunaan lemak menghasilkan makanan padat energi, yaitu mengandung banyak energidalam volume kecil.II.2.2 Lemak di dalam tubuh mempunyai berbagai fungsi.
Lemak merupakan sumber energi setelah karbohidrat.Kebutuhan energi tubuh hendaknya dipenuhi oleh konsumsikarbohidrat dan lemak agar protein dapat menjalankanfungsinya sebagai zat pembangun. Sebagai sumber energilemak menghemat protein yaitu mengurangi jumlah proteinyang digunakan sebagai sumber energi.
Lemak dapat disimpan sebagai cadangan energi berupa jaringan lemak.
Lapisan lemak di bawah kulit merupakan insulator sehinggatubuh dapatn mempertahankan suhu normal. Apabila lapisanlemak terlalu tebal, karena terlalu gemuk, pada cuaca panasorang akan kegerahan. Sebaliknya pada orang kurus, lapisanlemak dibabah kulit sangat tipis, pada cuaca dingin orangkurus akan kedinginan.
Lemak merupakan bantal pelindung bagi organ vital seperti bola mata dan ginjal.
Lemak diperlukan dalam penyerapan vitamin A, D, E, K yang larut dalam lemak. Penyerapan karoten dari sayuranyang dimasak sebagai sayur asam lebih sedikit dari padaapabila dimasak sebagai sayur lodeh.











Komentar

  1. Selamat Siang,

    Perkenalkan kami, PD.KAKAO INTI JAYA, Bandung.
    Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia COCOA PRODUCT, seperti: COCOA BUTTER, COCOA POWDER, COCOA LIQUOR.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk-produk di atas maka dapat menghubungi kami di nomor telepon yang sudah tertera di bawah,

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Hormat Saya,

    Thomas Abraham
    PD.KAKAO INTI JAYA
    Jl.Gempol Asri II No.22, Komp.Gempol Asri Rt/Rw.02/10
    Kel.Gempol Sari, Kec.Bandung Kulon
    Bandung 40215
    Telepon: 081223201725, (022)91166996
    e-mail: kakaointijaya@yahoo.com, thomas_abraham@ymail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawab Kimia Semester 2

1.        Jelaskan teori asam dan basa menurut Arhennius Jawab    :                 Asam      : semua zat yang dalam air melepaskan ion H +                         Basa        : semua zat yang dalam air melepaskan ion OH - 2.        Buatlah contoh reaksi basa menurut teori Arhennius Jawab    :                 C + O 2                     CO 2                 CO 2 ­­ + H ­­2 O               H 2 CO 3 3.        Jelaskan teori asam dan basa menurut Brownsted-Lowry Jawab    :                 Asam      : donor proton (H + )                 Basa        : aseptor proton (OH ‑ ) 4.        Tentukanlah asam dan basa konjugasi dari reaksi H 2 O + HCl          H 3 O + + Cl - Jawab    : H 2 O + HCl          H 3 O + + Cl -             basa 1                               asam 1                         asam 2                                                 basa 2 5.        Hitunglah konsentrasi dari H 2 SO 4 0,25 M Jawab       :                    H 2 SO 4

Poster Go Green!

Hasil Tugas TIK "POSTER" By : Maria Laurie Kuhu

L D R

“ Absence sharpens love, presence strengthens it.” – Thomas Fuller Well, gue lagi LDR-an sama pacar 14 bulan gue (kemaren aniv loh :v), seperated by circumtances, 1 hour, 9 weeks and 1731  miles. Keep in touch membuat LDR kita ini sedikit mudah, chattingan, telponan gitu-gitu lah yah, apalah jarak kalo ada komunikasi kan. Pacar gue sebisa mungkin telpon gue setiap malam, walaupun dia capek oh God this boy is sweet as hell! 1 minggu berlalu, dan gue sadar JARAK yang bisa gue atasi kalah atas RINDU. Yup, rindu tak pernah sesakit ini. Sedih pasti, gimana engga? u just depending on the situation, u dont know for sure if or when u’ll be able to see each other again. Nangis? Itu bukan style gue. Alay aja sih kita cuma LDR 2 bulan dong, buat apa nangis, baru juga beda pulau. Minggu kedua LDR gue disibukkan sama kuliah, tapi sialnya jadwal kuliah gue cuma 3 hari seminggu. 4 hari sisanya abisin diam di ruangan 4x2m (baca kamar kost) jadi gak sibuk-sibuk amat , and guess w